esaunggul.ac.id – Halo Sobat Unggul!!. Disini mimin akan jelaskan mengenai pertolongan pertama yang dapat kalian lakukan ketika mengalami cedera ringan. Metode yang digunakan yaitu PRICE. eits, maksud PRICE ini bukan harga ya sobat unggul. Yuk simak penjelasannya.

Ketika kita mengalami cedera seperti keseleo atau terkilir sering kali kita melakukan pengobatan alternatif dan pijat pun menjadi salah satu tempat tujuan penyembuhan. Padahal kesalahan pengobatan dapat berakibat fatal pada cedera, sehingga perlunya berhati-hati. Ketika kita terkena cedera ringan seperti keselo atau terkilir, langkah yang paling tepat dan benar adanya menggunakan metode PRICE.

Metode PRICE digunakan untuk penanganan awal cedera ringan seperti keseleo atau terkilir dengan tujuan untuk mencegah cedera lebih lanjut dan mengurangi rasa nyeri. PRICE merupakan singkatan dari berbagai kata yaitu Protect (melindungi), Rest (istirahat), Ice (es), Compress (membebat), Elevate (meninggikan).

Protect (melindugi)

Lindungi area yang terkena cedera. Tujuan pelindungan ini bertujuan agar terhindar dari cedera yang lebih parah. Misalnya jika kaki mengalami terkilir atau keseleo jangan gunakan kaki yang cedera untuk berjalan, gunakan alat pendukung lain seperti penyangga.

Rest (istirahatkan)

Ketika mengalami cedera, hindari dan kurangkan aktifitas fisik. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan anggota tubuh yang terkena cedera.

Ice (kompres es)

Kompres menggunakan es area yang cedera kurang lebih antara 15 menit – 20 menit. Kompres menggunakan es ini ulangi setiap dua hingga tiga jam. Dalam menggunakan kompres es, bungkuskan es dengan handuk agar es tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

Compress (berikan sedikit tekanan)

Berikan sedikit tekanan diarea cedera menggunakan perban atau pembalut elastis untuk pencegahan pembengkakan diarea cedera. Metode menekan ini harus dilakukan dengan lembut pada bagian cedera, jika terlalu keras maka akan menyebabkan terhambatnya sirkulasi.

Elevate (meninggikan)

Mengangkat/meninggikan area tubuh yang cedera agar posisinya lebih tinggi dari jantung. Hal ini bertujuan agar mengurangi pembengkakan pada area yang cedera. contohnya menggunakan bantal sebagai peninggi atau gantungkan kaki di tembok.

Bagaimana Sobat Unggul?. Sudah paham kan, bagaimana cara penanganan pertama ketika terkena cedera ringan seperti keseleo atau terkilir. Untuk mengetahui berbagai ilmu dan pengetahuan mengenai fisioterapi, Sobat Unggul bisa banget nih gabung di Fakultas Fisioterapi Universitas Esa Unggul yang telah terakreditasi Unggul dan satu-satunya di Jakarta Jurusan Fisioterapi dengan akreditasi Unggul. Yuk! Tunggu apa lagi Sobat Unggul, ayo jadi bagian dari generasi unggul!

BACA JUGA: Kenali Sejak Dini De Quarvaine Syndrome, Jangan Sembarangan Berlari, Mengenal ITBS Cedera Umum pada Pelari, 7 Cedera yang Sering Terjadi saat Olahraga

Kunjugi Laman: Universitas Esa Unggul, Universitas Esa Unggul Kampus Tangerang, Universitas Esa Ungguk Kampus Bekasi