Fisioterapi

/Fisioterapi
Fisioterapi2018-10-22T03:38:41+00:00
Fisioterapi

S1 Fisioterapi – Akreditasi B

Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi, komunikasi. (Kepmenkes RI No. 1363/MENKES/SK/XII/2001).

Jumlah Fisioterapis di Indonesia yang berkesempatan memperoleh pendidikan 4 tahun di luar negeri masih sangat terbatas. World Confederation for Physical Tharapy telah menganjurkan pendidikan minimal 4 tahun dalam pendidikan universitas atau setara dengan universitas.

Program Pendidikan Fisioterapi Universitas Esa Unggul merupakan Program Studi Fisioterapi yang pertama di Indonesia dengan SK Dirjen Dikti No. 311/DIKTI/KEP/1998 dan berdasarkan PP. No. 60 Th.1999 mendapatkan sebutan Sarjana Sains Terapan Fisioterapi (SSt.FT). Fakultas Fisioterapi Universitas Esa Unggul adalah yang pertama di Indonesia.

Kompetensi Lulusan
Lulusan Program Studi Fisioterapi Universitas Esa Unggul memiliki kompetisi utama yaitu :

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal.
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Mampu bersikap etis dan peka budaya dalam pemberian pelayanan fisioterapi.
  • Memilik sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan fisioterapi yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronika yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggung jawabnya.

Kompetensi pendukung lulusan Program Studi S1- Fisioterapi yang terkait softskill meliputi:

  • Mampu melakukan pemecahan masalah kesehatan dalam bidang Fisioterapi Olahraga, mulai Asessment, menentukan diagnosa, Planning, Intervensi hingga Evaluasi.
  • Mampu melakukan pemecahan masalah kesehatan yang berkaitan dengan gangguan gerak dan fungsi khususnya kondisi gangguan Muskuloskeltal dengan pendekatan Manual Terapi dan Terapi Latihan.
  • Mampu memanfaatkan IPTEK laboratorium Biomedik Dasar yang berhubungan dengan masalah gerak dan fungsinya yang diperlukan sebagai dasar pelayanan fisioterapi dan mampu beradaptasi dengan sumberdaya yang tersedia.
  • Mampu memanfaatkan IPTEK komunikasi, psikososial yang berhubungan dengan masalah gerak dan fungsinya yang diperlukan sebagai dasar pelayanan fisioterapi dan mampu beradaptasi dengan sumberdaya yang tersedia.
  • Mampu mengaplikasikan tindakan teknis fisioterapi pada lingkup yang luas terkait dengan problem/ gangguan gerak dan fungsi dengan melakukan analisis data (mulai dari asesmen, diagnosis fisioterapi, membuat pemilihan metode (perencanaan & intervensi) dan evaluasi dengan mengacu pada prosedur operasional baku (POB).
  • Mampu mengaplikasikan biomekanik / biofisika dalam tubuh manusia yang berkaiatan dengan pelayanan fisioterapi.
  • Mampu membuat keputusan berdasarkan analisis informasi dan data yang terkait dengan IPTEK laboratorium yang berkaitan dengan gerak dan fungsinya.
  • Mampu mengkaji dan menyelesaikan masalah problem gerak dan fungsi dengan konteks pelayanan kesehatan primer.
  • Mampu membuat kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai legalitas dan etika profesi.
  • Mampu membuat analisis terhadap berbagai alternatif pemecahan masalah prosedural dalam lingkup kerjanya.
  • Mampu mengaplikasikan prosedur bantuan hidup dasar (basic life support/bls) pada situasi gawat darurat/bencana dengan memilih dan menerapkan metode yang tepat, sesuai standar dan kewenangannya.
  • Mampu membuat dan mengaplikasikan pendokumentasian, dan menyajikan informasi layanan fisioterapi sebagai dasar rujukan bagi fisioterapis (Ftr) dalam menetapkan tindakan fisioterapi lanjutan / rujukan.
  • Mampu mengkaji dan menyelesaikan masalah situasi perubahan yang memperburuk kondisi pasien kepada tenaga kesehatan yang lebih kompeten.
  • Mampu mengaplikasikan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat tentang rencana intervensi fisioterapi yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Mampu mengkaji kelompok kerja yang menjadi tanggung jawab pengawasan di lingkup bidang kerjanya.
  • Mampu mengaplikasikan pencegahan dan penularan infeksi sesuai dengan SOP (standard operating procedure).
  • Mampu mengaplikasikan kegiatan promotif dan preventif kesehatan berkaitan dengan masalah gerak dan fungsi.
  • Mampu mengaplikasikan pekerjaan dan berkomunikasi secara efektif dalam tim.
  • Mampu membuat laporan kelompok kerja dan pelayanan fisioterapi secara menyeluruh , akurat dan sahih.
  • Mampu mengakaji dan bertanggungjawab atas keja sendiri dan kelompok di bidang pelayanan fiisioterapi serta memiliki komunikasi interpersonal , empati dan sikap etis sesuai dengan kode etik fisioterapi.
  • Mampu mengkaji pengembangan kompetensi kerja secara mandiri dan mengikuti perkembangan fisioterapi dengan belajar berkelanjutan (Continues Profesional Development =CPD).
  • Mampu mengaplikasikan hasil-hasil penelitian dalam melaksanakan pelayanan masalah gerak dan fungsi.

Lulusan juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk menggunakan prinsip dan metode fisioterapi dalam merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi program-program yang bersifat preventif dan promotif, tanpa mengabaikan program yang bersifat kuratif dan rehabilitatif;  merencanakan, mengelola dan mengevaluasi upaya-upaya perbaikan kemampuan gerak dan fungsional sesuai dengan situasi dan kondisi individu dan masyarakat daerah setempat dengan memanfaatkan sumber daya yang ada;  mendidik dan meningkatkan peran serta masyarakat untuk meningkatkan  derajat kesehatan;  menggunakan hasil-hasil penelitian untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi upaya-upaya peningkatan kemampuan gerak dan fungsional.

Profesi dan Karir Lulusan Sarjana Fisioterapi dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, klinik kesehatan dan fisioterapi mandiri, organisasi olah raga (KONI, PSSI, PBSI, PERBASI dan lain-lain, pusat kesehatan di perusahaan, pusat kebugaran dan instansi kesehatan lainnya.

Visi
Menjadi Program Studi Fisioterapi yang unggul dan terbaik di tingkat nasional serta bersaing di tingkat international dalam pengembangan ilmu, khususnya Manual Terapi, Fisioterapi Olahraga dan Latihan Fungsi tahun 2019.

Misi
Misi Program Studi S1-Fisioterapi Universitas Esa Unggul adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan fisioterapi yang memiliki kekhususan dalam bidang Manual Terapi, Fisioterapi Olahraga dan Latihan Fungsi yang memenuhi standar pensisikan nasional maupun international.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan institusi pendidikan, pelayanan, industri dan organisasi dari dalam negeri maupun luar negeri.

Tujuan
Tujuan Program Studi S1-Fisioterapi Universitas Esa Unggul adalah menghasilkan Sarjana Fisioterapi yang memiliki kemampuan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter, yang memiliki kekhususan dalam bidang terapi manual, fisioterapi olahraga dan latihan fungsi.
  2. Meningkatkan jumlah penelitian yang mampu memecahkan berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan gerak dan fungsi.
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam hal memberikan edukasi akan peningkatan kesehatan yang terkait dengan gerak dan fungsi.
  4. Program studi S1 fisioterapi yang bereputasi unggul.

Proses Pembelajaran:

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence.
  2. Kurikulum 3,5 tahun (7 semester normal, 3 semester pendek)
  3. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  4. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  5. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  6. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  7. Bimbingan Akademik
  8. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  9. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  10. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  11. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Fisioterapi dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, klinik kesehatan dan fisioterapi mandiri, organisasi olah raga (KONI, PSSI, PBSI, PERBASI dan lain-lain, pusat kesehatan di perusahaan, pusat kebugaran dan instansi kesehatan lainnya.

Esa Unggul Career Center :

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembanga.
  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik ( www.esaunggul.ac.id)
  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  1. Kementrian Kesehatan
  2. Dinas Kesehatan
  3. BUMN
  4. Lembaga Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Klinik

Rumah Sakit (pada saat ini bersama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 40 Rumah Sakit Umum, Daerah dan Swasta):

  1. Korean Bobath Association
  2. George Mason University, USA
  3. Mahidol University, Thailand
  4. Univesitas Udayana, Bali
  5. Organisasi Profesi, Sosial,
  6. Kesehatan, dan Perusahaan
  7. Berbagai perusahaan asuransi
  8. Badan Riset Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara
  9. Celebrity Fitness
  10. Countor Health Chiropractic
  11. Dinas Bina Mental Spiritual dan Kesejahteraan Sosial Propinsi DKI Jakarta
  12. Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang
  13. Gold Gym
  14. Klinik Fisioterapi MELCO
  15. Klinik Fisioterapi UEU
  16. Klinik Stroke Nusantara
  17. Klinik Tumbuh Kembang Kryakon
  18. KONI DKI Jakarta
  19. Akfis dr. Abdurab Pekanbaru
  20. Akfis Padang
  21. Badan Riset Daerah Pem. Prov. Sul-Tenggara
  22. Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang
  23. Klinik Stroke Nusantara
  24. RS Aminah
  25. RS Citra Harapan Bekasi
  26. RS Fatmawati
  27. RS Islam Cempaka Putih
  28. RS Kepolisian Pusat Raden Said Sukanto
  29. RS Ortopedi Prof.DR.R.Soeharso Surakarta
  30. RS Pantai Indah Kapuk
  31. RS Patria IKKT
  32. RS Pelni Petamburan
  33. RS Pusat Dr. Esnawan Antariksa
  34. RS Rawamangun
  35. RS Setia Mitra
  36. RS Siaga Raya
  37. RS Sumber Waras
  38. RSAB Harapan Kita
  39. RSAL dr. Mintohardjo
  40. RSAL Mintohardjo
  41. RSU FK UKI
  42. RSUD Tangerang

Academic Partners 

Fasilitas

  1. Klinik Fisioterapi
  2. Laboratorium Biokimia
  3. Laboratorium Komputer
  4. Perpustakaan Program Studi Fisioterapi
  5. Laboratorium Kimia

Klinik Fisioterapi

Perpustakaan Program Studi Fisioterapi

Kurikulum Program Studi Fisioterapi

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi

Download
Distribusi Mata Kuliah Program Studi Fisioterapi

Dosen Pengajar

    1. ABDURRASYID, Sst.Ft, M.Fis
    2. ALIYA NOOR CAHYANI, SE, M.Hum
    3. AMRIANSYAH SYETIAWINANDA, S.Ft.M.Or
    4. Dr. HERI PRIATNA, S.Sos, MM
    5. JERRY MARATIS, S.Ft, M.Fis
    6. MIRANTI YOLANDA ANGGITA, SSt.FT, M.Fis
    7. MUHAMMAD IRFAN, Sst. M.Fis
    8. MUTHIAH MUNAWARAH, Sst.Ft, M.Fis
    9. SUGIJANTO, Dipl.Phy, M.Fis
    10. SYAHMIRZA INDRA LESMANA, SKM, Sst.Ft, M.Or.
    11. TRISIA LUSIANA AMIR, S.Pd,M.Biomed
    12. WAHYUDDIN, Sst.Ft. M.Sc

Kontak Kami

Kampus Utama
Jalan Arjuna Utara No.9
Kebon Jeruk, Jakarta 11510
Tlp : (021) 5674152(direct)
(021) 5674223 (hunting) ext 209, 279
Program Internasional: 081320003806 /081320003807
Program Reguler WA: 081390072244

Kampus II
Jalan Citra Raya Boulevard
Ecopolis SA Blok VD. 02
Citra Raya, Tangerang
Tlp : (021) 22596025, 22596026
Program Reguler WA: 081398691114

Kampus III
Komplek Office Park Blok 5 No. 11-17, Jalan Boulevard Raya
Kota Harapan Indah, Bekasi
(Samping Kantor Camat Medan Satria)
Tlp : 021 88381493 / 021 88381494
Program Reguler WA: 081390075454